Friday, March 27, 2015

model connected pembelajaran terpadu

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On March 27, 2015 | No comments
BAB I
PENDAHULUAN


1.1      Latar Belakang
Pembelajaran sejatinya bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang sesungguhnya kepada peserta didik yaitu peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.
Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antarkonsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Jika dibandingkan dalam konsep konvensional, maka pembelajaran terpadu tampak lebih menekankan keterlibatan siswa dalam belajar, sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran untuk pembuatan keputusan. Setiap siswa memerlukan bekal pengetahuan dan kecakapan agar dapat hidup di masyarakat dan bekal ini diharapkan diperoleh melalui pengalaman belajar di sekolah. Oleh karena itu pengalaman belajar di sekolah sedapat mungkin memberikan bekal siswa dalam mencapai kecakapan untuk berkarya. Kecakapan ini disebut kecakapan hidup yang cakupannya lebih luas dibanding hanya sekedar keterampilan.
Fogarty (1991:xv) mengemukakan ada sepuluh model integrasi kurikulum, yaitu:
a.    The Fragmented Model (model penggalan)
b.    The Connected Model (model terhubung)
c.    The Nested Model (model tersarang)
d.   The Secuenced Model (model terurut)
e.    The Shared Model (model terbagi)
f.     The Webbed Model (model jarring laba-laba)
g.    The Threaded Model (model pasang benang)
h.    The Integrated Model (model terbenam)
i.      The Immersed Model (model celupan)
j.      The Networked Model (model jaringan)

Dari sejumlah model pembelajaran terpadu tersebut, penulis akan membahas tentang pembelajaran terpadu model terhubung (connected).

untuk mendownload makalahnya silahkan download disini

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About