Saturday, July 2, 2016

NILAI DAN NORMA-NORMA DALAM MASYARAKAT

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 02, 2016 | No comments
PENDAHULUAN


.   Latar Belakang
Di dalam kenyataan kehidupan sehari-hari dalam masyarakat tidaklah hanya berwujud suatu jumlah perilaku dah hubungan-hubungan antara manusia, melainkan sekaligus juga berwujud dalam suatu sistem determinan yang disebut sistem nilai dan  norma. Norma dan nilai merupakan sesuatu yang sangat penting serta tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat,karena keduanya merupakan alat untuk mengarahkan dan mengontrol perilaku warga masyarakat.
download makalah selengkapnya dalam bentuk misrosoft word disini
Tanpa adanya nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat, maka dalam kehidupan bermasyarakat tersebut akan banyak terjadi banyak konflik dan kericuan di berbagai tempat karena tidak adaya alat yang digunakan sebagai pedoman prilaku..
Setiap manusia, baik sebagai individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dalam interaksi sosial tersebut, setiap individu bertindak sesuai dengan kedudukan, status sosial, dan peran mereka masing - masing. Tindakan manusia dalam interaksi sosial itu senantiasa didasari oleh nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
Melihat fakta di lapangan, masih banyak individu atau kelompok dalam masyarakat yang melakukan pelanggaran norma. Kurangnya kesadaran menjadi penyebab utama dalam masalah ini. Padahal, pada teori maupun prakteknya, masyarakat terikat oleh norma-norma yang berlaku agar bisa melangsungkan hidup secara teratur. Tapi kenyataannya, masyarakat masih buta akan pentingnya menaati norma-norma yang telah ditetapkan. Karena pada dasarnya, norma itu ada untuk membentuk masyarakat kearah yang lebih baik lagi. Menangkap fenomena ini, penulis tergerak untuk menelaah lebih dalam mengenai “Pelanggaran Terhadap Norma-norma dalam Masyarakat” .

. Permasalahan
1.     Apakah pengertian dari norma dan nilai sosial?
2.     Apa sajakah bentuk-bentuk norma sosial?
. Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari norma dan nilai sosial

2.    Untuk mengetahui bentuk-bentuk norma sosial

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About