Friday, August 19, 2016


Pelatihan bimtek guru pembelajar di hotel horison Makassar, 13 - 15 Agustus 2016

assalamualaikum Bapak dan Ibu Guru
semoga kesehatan dan kemudahan dalam urusan selesai menyertai kita semua..

Menindaklanjuti pembicaraan teman-teman yang terbitnya peserta moda daring kombinasi menimbulkan banyak pertanyaan dikalangan teman-teman tentang ketidaktahuannya mengenai masalah guru pembelajar.

Guru pembelajar adalah guru yang senantiasa harus dibelajar, dimanapun mereka berada dan kapanpun. Istilah ini bemula dari kata berawal dari Diklat atau Workshop. Guru hanya belajar dikala mereka SEDANG mengikuti diklat atau workshop. Berangkat dari hal ini Menteri yang baru saja direshuffle "Anis Baswedan" mengganti kata tersebut dengan PEMBELAJAR. Guru adalah insan pebelajar, insan yang senantiasa harus mengUPDATE dirinya dengan PEMBAHARUAN YANG TERJADI. Guru harus tanggap terhadap perkembangan kemajuan pendidikan yang semakin maju melesat meninggalkan guru-guru yang KUDET.

oleh karena itu, para pemikir cerdas dari Kemdikbud memikirkan cara yang CERDAS juga demi meningkatkan kualitas SUMBER DAYA MANUSIA YAITU GURU SENDIRI. Mereka melakukan banyak revolusi system guna bermuara pada peningkatan kualitas guru dan akhirnya akan bemuara pada lulusan yang berutu pula.

Beranjak dari nilai UKG tahun 2015 pemerintah mulai MEMETAKAN kompetensi guru berdasarkan nilai UKG tersebut. Sebelumnya harus dipahami bahwa UKG tahun 2015 yang berjumlah 80 soal telah memuat 10 modul yang harus dikuasai oleh guru berdasarkan kelompok kompetensi PEDAGOGOIK DAN PROFESIONAL. 

Guru yang mempunyai nilai rendah atau TIDAK LULUS 8 - 10 MODUL maka akan dibina dan dilatih secara MODA TATAP MUKA, guru yang mempunyai nilai sedang atau TIDAK LULUS 6 - 7 MODUL maka akan dibina dan dilatih secara MODA DARING KOMBINASI, sedangkan untk guru yang mempunyai nilai tinggi atau TIDAK LULUS 3 - 5 MODUL maka akan dibina dan dilatih secara MODA DARING FULL.

Peserta daring kombinasi kota Makassar, Gowa dan Takalar telah diterbitkan oleh dinas setempat sedangkan untuk peserta DARING FULL, DAN TATAP MUKA untuk kota Makassar belum ada. Namun yang menjadi alasan menulis artikel ini adalah bahwa diharapkan PESERTA GURU PEMBELAJAR MODA DARING KOMBINASI menguasai modul yang akan dibelajarkan yanti C dan F. 

HARUS DIPAHAMI BAHWA NILAI MINIMAL UKG TAHUN 2016 ADALAH 65. Diharapkan semua guru pembelajar harus LULUS Dengan KCM (Kriteria Cakupan Minimal) = 65. Nilai 65 adalah nilai berdasarkan MODUL YANG DIPELAJARI. jika MODA DARING KOMBINASI DILATIH MODUL C DAN F, MAKA tes UKG tahun 2016 adalah hanya modul C dan F. Untuk mendownload modul KELAS TINGGI SILAHKAN download dibawah ini. 


TERIMA KASIH SEMOGA MEMBANTU

1 comment:

Blogroll

×

About