Monday, June 27, 2016

Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On June 27, 2016 | No comments
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pembelajaran merupakan usaha yang disadari dan disengaja oleh guru untuk membuat siswa belajar dengan aktif demi mengembangkan kreatifitas berpikirnnya. Tujuan pokok penyelenggaraan kegiatan pembelajaran adalah membelajarkan siswa agar mampu memperoses dan memproleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap bagi diri sendiri. Siswa diharapkan termotivasi dan senang melakukan kegiatan belajar yang menarik dan bermakna. Hal ini berarti model pembelajaran sangat penting dalam kaitannya dengan keberhasilan belajar.

Model pembelajaran mengarah pada suatu pendekatan pembelajaran tertentu termasuk tujuannya, lingkungan dan system pengelolaannya. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas ataupun pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, computer, kurikulum, dan lain-lain. Dengan demikian model pembelajaran adalah pedoman yang digunakan dalam merencanakan pembelajaran dengan sistematis untuk mencapai tujuan belajar yang telah direncanakan oleh guru.
Salah satu model pembelajaran yang akan diangkat oleh penulis adalah Model Pembelajaran Picture and Picture. Model pembelajaran ini merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang saling asah, silih asih, dan silih asuh. Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu model belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis.
Pembelajaran ini memiliki ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Model apapun yang digunakan selalu menekankan aktifnya peserta didik dalam setiap proses pembelajaran, mempunyai Inovasi dalam setiap pembelajaran dan harus memberikan sesuatu yang baru, berbeda dan selalu menarik minat peserta didik, sedangkan kreatif menginginkan dalam setiap pembelajarnya harus menimbulkan minat kepada peserta didik untuk menghasilkan sesuatu atau dapat menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan metoda, teknik atau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dari proses pembelajaran.
Model Pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media utama dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar atau dalam menampilkan media gambar pada layar LCD.
Model pembelajaran picture and picture ini dapat digunakan dalam berbagai mata pelajaran terlebih pada mata pelajaran PKn dan tentunya dengan kemasan dan kreatifitas guru. Sejak di populerkan sekitar tahun 2002, model pembelajaran ini mulai menyebar di kalangan guru di Indonesia. Dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture maka pembelajaran menjadi menyenangkan. Selama ini hanya guru sebagai aktor di depan kelas, dan seolah-olah guru-lah sebagai satu-satunya sumber belajar. selengkapnya dapat didownload disini

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About