Thursday, June 30, 2016

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
MELALUI PENDEKATAN QUANTUM TEACHING
DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM


ABSTRAK
Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Teaching merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan kreativitas belajar siswa sehingga mampu meningkatkan daya serap serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran sering ditemui kenyataan bahwa menggunakan model-model pembelajaran belum banyak dilakukan oleh guru, guru hanya sering berceramah dan pemberian tugas  tanpa melibatkan siswa secara aktif. Hal ini dapat menyebabkan siswa pasif dan siswa kurang kreatif yang pada akhirnya siswa kurang memperhatikan pelajaran dan daya serap siswa dalam menerima pelajaran rendah. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil  belajar siswa.
Pada siklus I dan siklus II hasil yang dicapai cukup dan baik. Siswa lebih memperhatikan pelajaran dan daya serap siswa dalam pelajaran meningkat yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Dengan hasil yang diperolah dalam penelitian ini, maka tujuan dalam penelitian ini terjawab yakni penerapan metode quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA tentang Pesawat Sederhana pada siswa kelas V SD Negeri Wonodadi 01 Tahun Pelajaran 2010/2011.

Kata Kunci : peningkatan,  hasil belajar, pendekatan quantum teaching

download jurnal selengkapnya dalam microsoft word disini

2 comments:

Blogroll

×

About