Tuesday, August 16, 2016

Guru Pembelajar = Moda Daring Kombinasi Untuk Kota Makassar

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On August 16, 2016 | 2 comments



assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati..
2 hari yang lalu saya dan kawan-kawan IN kota makassar beserta beberapa teman IN dari kabupaten Gowa dan Takalar mengikuti kegiatan Bimtek Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai dari hari Sabtu, 13 Agustus s.d Senin, 15 Agustus 2016.

Kegiatan ini mengedepankan materi tentang kesiapan para mentor untuk menjadi pendamping sekaligus pembina bagi teman-teman guru yang akan menjadi peserta pada kegiatan moda daring kombinasi. Yang harus Bapak dan Ibu ketahui sebagai guru adalah bahwa kegiatan guru pembelajar ini senantiasa bermuara kepada pengembangan kompetensi individu setiap guru, dimana setiap guru adalah insan pembelajar yakni insan yang selalu belajar dimanapun dan kapanpun.

Beberapa hari belakangan ini banyak teman-teman guru yang mengkomplain dengan terpilihnya teman-teman mentor. Mereka berasumsi bahwa mereka juga mempunyai nilai yang tinggi, tapi kok mereka tidak terpilih menjadi mentor.

Perlu saya tegaskan bahwa mentor ini dipilih berdasarkan nilai UKG tahun 2015. Dimana kita sebagai guru SD yang mengikuti tes UKG mendapatkan soal sebanyak 80. soal 80 nomor tersebut telah berisi 10 modul kompetensi yang harus dilulusi oleh guru. Nah, teman-teman yang menjadi mentor adalah teman-teman yang telah lulus sebanyak 8 - 10 modul atau mereka hanya tidak menguasai 2 modul. berangkat dari asumsi inilah sehingga negara memilih para guru menjadi mentor atau Instruktur Nasional Guru Pembelajar.

Selanjutnya, bagi teman-teman yang tidak terpilih menjadi Mentor atau IN maka akan ditindak lanjuti menjadi peserta Guru Pembelajar. Peserta Guru Pembelajar adalah guru-guru yang tidak lulus 3 - 10 modul.

untuk penanganan para peserta guru pembelajar, pihak pemerintah telah berpikir keras untuk meningkatkan kompetensi guru tersebut dengan cara mereka akan dilatih atau dididik dengan 3 model atau 3 cara.

3 cara pelatihan guru pembelajar adalah :
1. Moda Tatap Muka (untuk peserta yang tidak lulus 8 - 10 modul)
2. Moda Daring Kombinasi (Untuk peserta yang tidak lulus 6 - 7 modul)
3. Moda Daring Full ( untuk peserta yang tidak lulus 3 -5 modul)

Untuk kota Makassar, Gowa dan Takalar berdasarkan pelatihan yang telah kami ikuti, maka dalam waktu dekat ini 3 kabupaten tersebut akan mengadakan "Pelatihan Guru Pembelajar : Moda Daring Kombinasi (peserta yang tidak lulus 6 - 7 modul)"

Untuk Kota Makassar, kami mohon maaf karena sampai saat ini belum mendapatkan secara keseluruhan informasi peserta guru pembelajar. Kami belum mengetahui siapa peserta dari kota Makassar yang terdaftar sebagai peserta Tatap Muka dan Daring Full. Untuk Daring Kombinasi maka peserta telah dapat melihatnya disini .

semoga info ini bermanfaat...

GURU PEMBELAJAR ADALAH GURU YANG SENANTIASA BELAJAR...

TERIMA KASIH

2 comments:

  1. bagaimana yang nilainya diatas 80an tapi tidak dapat undangn jadi IN?? apakah mereka jg ikut di program guru pembelajar??

    ReplyDelete
  2. peserta yang mendapatkan nilai 80 ke atas menurut pemateri belum bisa dikatakan lulus untuk menjadi mentor, karena syarat untuk menjadi mentor adalah lulus 8 - 10 modul. dan seandainya jika peserta seharusnya lulus 8 - 10 modul tapi tidak diundang menjadi mentor atau IN, maka menurut novi ariyana diambil 40 teratas untuk menjadi mentor.

    terus bagaimana jika nilainya sudah 80? maka dia akan mengikuti pelatihan moda daring full (online full)

    ReplyDelete

Blogroll

×

About