Thursday, March 26, 2015

Belajar membuat surat resmi

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On March 26, 2015 | No comments
Menulis surat bukan lagi merupakan sesuatu yang sulit untuk dikerjakan. mungkin semua orang dapat melakukannya. mulai dari anak SD, SMP, SMA, mahasiswa, dan PNSpun tahu bagaimana menulis surat. Apalagi mereka yang pernah bergelut diorganisasi pasti sudah tak asing lagi mengenai persuratan. Instansi pemerintahanpun tidak pernah terlepas dari persuratan. 
Tapi pernahkah kita berpikir bahwa surat yang selama ini kita terima telah memenuhi kaidah dari segi penulisannya, tata letaknya, model, isinya, dll ditinjau dari tata penulisan surat menurut kaidah Bahasa Indonesia.

Berikut di bawah ini adalah model-model surat resmi yang telah saya pelajari di perguruan tinggi. jika melihat model serta isinya maka kita akan mengatakan bahwa selama ini surat yang saya terima telah banyak menyalahi aturan penulisan surat resmi. Namun, hal ini jangan serta merta anda serap begitu saja karena jika model ini anda gunakan di instansi pemerintahan anda, maka mungkin saja surat anda akan terlihat aneh atau bahkan mereka tolak. berikut dibawah ini adalah model-model surat tersebut :

terima kasih

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About