Sunday, March 29, 2015

Quantum Learning Dalam Pembelajaran

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On March 29, 2015 | No comments
BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak setiap manusia dalam kehidupan. Pendidikan ditandai dengan proses belajar. Belajar sepanjang hayat mengandung pengertian bahwa belajar tidak terbatas pada bangku  sekolah, tetapi sejak seseorang lahir hingga akhir hayatnya. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, belajar hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan.
Dalam dunia pendidikan, belajar tidak hanya dilakukan oleh guru tetapi juga dilakukan oleh siswa. Beberapa kendala yang muncul di lapangan pada pelaksanaan kurikulum 2013 di antaranya  ketidaksiapan siswa dalam mengikuti perubahan kurikulum, ketidaksiapan guru dalam menerapkan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran, dan kesulitan guru dengan proses penilaian yang kompleks. Apabila dikaitkan dengan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa guru dan siswa sama-sama dituntut untuk belajar. Guru dituntut menguasai pendekatan scientific yang digunakan dalam proses pembelajaran beserta seluruh komponen yang digunakan dalam pembelajaran  sedangkan siswa dituntut untuk berpikir kreatif. Proses belajar guru dan siswa tersebut memerlukan sebuah metode yang tepat agar tujuan pembelajaran yang ditetapkan dapat tercapai.
Quantum learning merupakan metode yang tepat untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Untuk memahami metode tersebut, diperlukan pengetahuan tentang hakikat quantum learning dan konsep-konsep kunci yang mendasari metode tersebut. Setelah memahami tentang quantum learning, para pembelajar perlu mengidentifikasi gaya berpikir yang dimilikinya sehingga dapat membantu untuk menentukan gaya belajar yang sesuai.

Metode quantum learning dapat merangsang untuk berpikir kreatif.  Kreativitas ditandai dengan keingintahuan, suka mencoba hal baru, dan intuisi. Selanjutnya, proses kreatif dapat mendorong seseorang untuk melakukan curah gagasan yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kreativitas juga diperlukan untuk memandang masa depan berdasarkan kondisi yang dihadapi saat ini.

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About