Saturday, March 28, 2015

TEORI PERKEMBANGAN BELAJAR MANUSIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On March 28, 2015 | No comments

BAB I

PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan cita -cita bangsa.  Anak  mempunyai  peranan  penting  dalam  menentukan  arakehidupan bangsa dan pembangunan di masa yang akan datang. Oleh karena itu masyarakat sangat  mendambakan  sosok  anak  yang  sehat  jasmani  maupun  rohani.  Haini sejala denga visi   dan   mis pendidika nasiona dala Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada  Bab  II  Pasal  yang  menyebutkan bahwa,  pendidikan  nasional  berfungsi mengembangkan  kemampuan  damembentuk  watak  serta  peradaban  peserta didik  agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dabertaqwa  kepada  Tuhan  Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Tujuan tersebut dapat diwujudkan secara efektif dengan melibatkan berbagai pihak secara aktif dalam mengoptimalkan segala aspek perkembangan anak.
Anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat perlu bagi para orang tua dan  para pendidik untuk mengetahui dan memahaminya. Teori-teori perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, periodisasi-periodisasi perkembangan manusia sangat perlu untuk dikaji lebih dalam. Selain itu, perkembangan kognitif pada manusia pun menjadi kajian yang menarik untuk dibahas lebih lanjut.
Dengan mengetahui dan memahami semua tentang Teori Perkembangan Manusia akan menjadikan kita lebih arif dalam menyikapi, menghadapi dan menyelesaikan permasalah-permasalan yang muncul dalam perkembangan manusia, dapat lebih mengoptimalkan potensi yang ada dan menjadikan kita lebih paham dalam mendidik anak sesuai dengan perkembangannya dan dapat membelajarkan anak sesuai potensinya. Hal ini sangat bermanfaat pada penggunaan dan pemilihan strategi pembelajaran serta tahapan pembelajaran sehingga dapat mengimplemantasikan strategi pembelajaran yang  sesuai dan terlaksana dengan tepat.

Oleh karena itu, kami tertarik untuk menyajikan secara komprehensif materi tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia, dan berbagai teori yang menyertainya serta strategi-strategi pembelajaran yang bisa diimplemantasikan guru di kelas, yang telah dipaparkan pada buku Paradigma Baru Pembelajaran yang ditulis oleh Prof. Dr.H. Yatim Riyanto, M.Pd. 

makalah ini telah disempurnakan dalam file berikut ini. silahkan di download.

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About