Saturday, March 28, 2015

Teori Belajar Operant Conditioning

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On March 28, 2015 | No comments
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Seorang pendidik seharusnya mengetahui dan paham teori belajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Seperti diketahui bahwa dalam membelajarkan siswa guru memiliki kesempatan menyusun dan mendesain pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa, maka akan lebih mantap lagi bila guru paham landasan filsafat dan aliran teori pembelajaran tersebut.
Berangkat dari kebutuhan seorang pendidik dalam membelajarkan siswa, perlu dibahas apa saja hal yang mendasari sebuah proses pembelajaran dilaksanakan. Teori beajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar. Ada tiga perspektif utama dalam teori belajar, yaitu Behaviorisme, Kognitivisme, dan Konstruktivisme. Pada dasarnya teori pertama dilengkapi oleh teori kedua dan seterusnya, sehingga ada varian, gagasan utama, ataupun tokoh yang tidak dapat dimasukkan dengan jelas termasuk yang mana, atau bahkan menjadi teori tersendiri. Namun hal ini tidak perlu kita perdebatkan. Yang lebih penting untuk kita pahami adalah teori mana yang baik untuk diterapkan pada kawasan tertentu, dan teori mana yang sesuai untuk kawasan lainnya.Pemahaman semacam ini penting untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Menilik kondisi pembelajaran di lapangan, para pendidik banyak yang terjebak dalam formatisasi rencana pembelajaran. Bahwa sejatinya perencanaan dan perancangan pembelajaran itu bersumber  dari teori belajar secara hakikatnya. Dengan memahami teori belajar, pendidik memiliki landasan dalam menyusun strategi mencapai tujuan pembelajaran. Di sisi lain, para penilik dan pengawas juga tidak dengan mudah menyalahkan sebuah perencanaan pembelajaran hanya karena secara format tidak sesuai. Perlu diketahui, dengan perbedaan aliran teori belajar, maka format dan strategi perencanaan pembelajaran pun akan berbeda.

silahkan download makalahnya disini

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About