Saturday, July 9, 2016

Asesmen Pembelajaran : Bab 10 "Penilaian Kinerja"

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 09, 2016 | No comments

Mempersiapkan Penilaian Kinerja

Mempelajari bab ini harus memungkinkan Anda untuk
1 . Jelaskan pengaruh realisme pada penilaian kinerja .
2 . Jelaskan bagaimana lingkungan penilaian kinerja harus disiapkan .
3 . Membangun instruksi tertulis untuk mempersiapkan siswa untuk penilaian kinerja .
4 . Membangun instruksi tertulis untuk mempersiapkan pengamat untuk penilaian kinerja .
5 . Jelaskan bagaimana penilaian kinerja dilakukan untuk mendiagnosis pemahaman siswa .



Penilaian kinerja dapat memberikan informasi yang berguna tentang prestasi siswa , tetapi mereka tunduk pada semua kesalahan pengamatan dan penilaian . Jika penilaian kinerja adalah untuk memberikan informasi yang valid , perawatan khusus harus diambil untuk meningkatkan objektivitas , reliabilitas , dan kebermaknaan hasil . Jelas, hasil kinerja dimaksudkan yang ditentukan dalam hal diamati dan skala rating berkembang dengan baik meningkatkan kegunaan hasil . Namun, pertimbangan juga harus diberikan untuk benar mempersiapkan
( 1 ) Lingkungan di mana penilaian kinerja akan berlangsung ,
( 2 ) Mahasiswa yang dinilai , dan
( 3 ) Mereka mengamati dan menilai kinerja .

Persiapan Lingkungan

Dengan sifatnya , penilaian kinerja mengharuskan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan nya . Sebagai contoh, sebuah tes mengemudi mengharuskan siswa untuk berinteraksi dengan kontrol , pedal , dan roda kemudi di dalam kendaraan , serta jalan , lalu lintas, dan pejalan kaki di luar kendaraan . Penilaian keterampilan mengetik memerlukan siswa untuk berinteraksi dengan keyboard dan bahan tertulis yang diketik , serta kursi , meja , dan pencahayaan . Jelas, kemudian , lingkungan tidak dapat dipisahkan dari penilaian kinerja . Tugas kinerja bahwa siswa dibutuhkan untuk menyelesaikan dan lingkungan di mana siswa menyelesaikan tugas saling terkait . Seperti tercantum dalam bab sebelumnya , semakin tinggi tingkat realisme dalam penilaian kinerja , semakin baik . Menentukan kemampuan mengemudi dengan menempatkan mahasiswa dalam kendaraan dianggap sebagai metode yang lebih valid penilaian dari tes kertas dan pensil . Namun, karena tingkat realisme meningkat , faktor lingkungan menjadi lebih sulit untuk mengantisipasi dan kontrol . Misalnya, penilaian kemampuan mengemudi di lapangan tertutup ( realisme moderat ) memungkinkan untuk masuknya hambatan siswa suatu hari nanti mungkin dihadapi. Tapi , penilaian pada jalan umum yang sebenarnya ( realisme tinggi ) dapat hadir banyak kendala yang tak terduga baik oleh mahasiswa dan pengamat . Dalam beberapa situasi penilaian, tingkat ketidakpastian pada bagian dari siswa yang diinginkan dan dimaksudkan . Sebagai contoh, itu berharga untuk menentukan selama simulasi penerbangan bagaimana siswa bereaksi terhadap kerusakan mesin tiba-tiba . Tetapi dalam situasi simulasi ini , kerusakan mesin direncanakan dan metode dan kriteria kinerja rekaman didirikan di muka. Ketika faktor lingkungan dan acara menampilkan diri tiba-tiba , obyektif menilai dan membandingkan kinerja siswa untuk kriteria , atau orang lain , menjadi jauh lebih sulit . Terlepas dari apakah penilaian kinerja dilakukan dalam lingkungan simulasi atau di dunia nyata , langkah-langkah yang harus diambil untuk mengontrol atau menghilangkan banyak kejadian yang tidak diinginkan mungkin. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan kondisi yang tidak adil cacat kinerja beberapa siswa sekaligus memetik manfaat lain . Kotak 10.1 memberikan beberapa panduan ketika mempersiapkan lingkungan untuk penilaian kinerja .

Pedoman Ketika Mempersiapkan Lingkungan
1.      Pastikan bahwa semua peralatan, perlengkapan , dan instrumen yang akan digunakan oleh setiap siswa selama penilaian kinerja yang tersedia dan dalam kondisi kerja yang baik
2.      Pastikan bahwa kondisi yang mungkin cacat kinerja ( misalnya , cuaca , iklim , suhu , pencahayaan , waktu hari , dll ) adalah sama untuk setiap siswa .
3.      Memberikan siswa dengan ruang yang cukup untuk melakukan .
4.      Hilangkan kondisi yang tidak perlu yang dapat mengalihkan perhatian siswa selama kinerja( misalnya , dering telepon , siswa mengganggu , percakapan , dll ) .
5.      Memberikan waktu yang cukup untuk mengamati kinerja , catatan pengamatan , dan memberikan umpan balik kepada siswa .
6.      Menciptakan kegiatan bagi siswa yang menunggu untuk melakukan . Kegiatan ini harus memiliki nilai pendidikan dan mengisi waktu mereka . Namun, kegiatan harus berhubungan dengan tugas kinerja sehingga mereka tidak adil manfaat dari kegiatan dibandingkan dengan siswa lain .
7.      Buat kegiatan untuk siswa yang telah menyelesaikan penilaian kinerja . Sekali lagi , kegiatan ini harus memiliki nilai pendidikan dan mengisi waktu mereka . Namun, siswa tersebut tidak harus memiliki kesempatan untuk mendiskusikan penilaian dengan para pelajar yang menunggu untuk dinilai dan oleh karena itu, yang mungkin tidak adil manfaat dari nasihat ini .

Mempersiapkan Pelajar

Secara historis , penilaian dalam pendidikan publik telah berpusat pada tes kertas dan pensil . Pada saat siswa mencapai kelas enam , mereka cenderung menyelesaikan ratusan tes tertulis , kuis, dan tugas pekerjaan rumah . Siswa sudah terbiasa dengan cara tes yang diberikan , mencetak gol , dan dikembalikan oleh guru . Mereka mungkin membutuhkan sedikit petunjuk tentang di mana untuk menempatkan nama mereka , bagaimana untuk merekam jawaban mereka , dan bagaimana mereka harus bersikap selama ujian . Pada dasarnya , uji - taking menjadi melalui standar terbatas , umum , dan rutin praktek antara guru dan pengalaman yang konsisten di kalangan siswa . Akibatnya , kesalahan siswa karena kesalahpahaman tentang bagaimana untuk melengkapi penilaian yang kurang perhatian . Sedangkan penggunaan penilaian kinerja telah menjadi lebih umum dalam pendidikan publik , sebagian besar siswa tidak mengalami penilaian kinerja secara formal sampai SMA . Bagi banyak siswa penilaian kinerja adalah pengalaman baru . Mereka tidak memiliki riwayat untuk memandu perilaku dan bentuk harapan . Dengan demikian , terlepas dari kompetensi siswa , ada kekhawatiran bahwa kebaruan proses penilaian kinerja itu sendiri dapat menyebabkan siswa menjadi khawatir dan bingung , berdampak negatif bagi kinerja nya . Untuk mengurangi ketakutan siswa dan menghilangkan kebingungan , guru perlu mendiskusikan dengan siswa tujuan , proses , dan hasil yang diharapkan dari penilaian kinerja .
Aturan berikut harus diterapkan untuk memandu diskusi .
1.    Dalam bahasa yang jelas dan ringkas , menjelaskan apa siswa diharapkan dapat dilakukan. Apakah diberikan kepada siswa dalam menulis , oral , atau keduanya , mahasiswa harus dibuat sadar apa yang dia akan diharapkan untuk mencapai selama penilaian kinerja . Hasil kinerja dan , lebih khusus , tujuan instruksional yang menentukan apa siswa akan diminta untuk mengidentifikasi , membangun , atau menunjukkan harus dibagi dengan siswa sebelum memulai penilaian. Para siswa juga harus diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan . Penilaian tidak harus dimulai sampai semua pertanyaan siswa tentang harapan telah dijawab .
2.    Menjelaskan dan menunjukkan peralatan, perlengkapan, instrumen , dan sumber daya lain apa yang akan tersedia untuk siswa . Untuk mengarahkan siswa untuk kondisi di mana mereka akan diharapkan untuk melakukan tugas tersebut , guru harus hadir untuk siswa barang-barang yang akan dibuat tersedia selama pengkajian. Peralatan, perlengkapan , dan instrumen harus ditunjukkan kepada siswa , dan bahan-bahan tertulis harus pada tingkat membaca yang tepat .
3.    Jelaskan bagaimana kinerja akan dinilai . Sebagaimana dibahas dalam Bab 9 , penilaian kinerja mungkin didasarkan pada mengamati siswa menyelesaikan tugas , produk yang menghasilkan siswa , atau keduanya . Siswa harus diberitahu terlebih dahulu bagaimana mereka akan dinilai . Jika dilakukan dengan cara observasi , maka siswa harus tahu siapa yang akan mengamati , ketika pengamatan akan dimulai , dan kapan observasi akan berakhir . Juga , siswa harus tahu bagaimana kinerja akan dinilai . Jika skala rating akan digunakan , maka siswa harus dibuat sadar akan tingkat kinerja yang akan dinilai ( misalnya , 5 - luar biasa ; 4 - di atas rata-rata; 3 - rata , 2 - bawah rata-rata , 1 - tidak memuaskan ) . Para siswa juga harus mengetahui daerah di mana mereka akan dinilai . Jika sebuah produk , maka siswa harus tahu bagaimana dan kapan produk tersebut akan disampaikan kepada guru dan kriteria yang akan digunakan untuk menilai produk.
4.    Jelaskan kapan dan bagaimana umpan balik akan diberikan . Umpan balik harus diberikan kepada siswa pada waktu yang tepat . Idealnya , umpan balik harus diberikan segera setelah siswa telah menyelesaikan penilaian kinerja . Melakukan hal membantu siswa untuk lebih efektif belajar dari setiap kesalahan yang dibuat . Namun , guru harus peka untuk tidak mempermalukan siswa ketika mereka berkinerja buruk . Siswa harus diberitahu bahwa umpan balik akan diberikan secara pribadi kepada setiap siswa dan bahwa kedua kekuatan dan kelemahan kinerja mereka , serta tindakan korektif , akan dibahas .

Siapkan Observer

Pada kebanyakan kasus , guru yang mengembangkan prosedur penilaian kinerja dan instrumen penilaian adalah satu-satunya orang yang mengamati siswa . Namun, hal ini tidak selalu terjadi . Ketika jumlah siswa yang banyak dan waktu untuk melakukan penilaian kinerja sangat luas , guru mungkin memerlukan bantuan dari pengamat tambahan . Beberapa pengamat juga diperlukan untuk membangun keandalan penilaian kinerja ( lihat Bab 4 ) . Dalam kasus ini , sangat penting bahwa setiap pengamat yang cukup siap . Kegagalan untuk melakukannya mungkin dapat menyebabkan penilaian yang tidak akurat atau bias .
1.    Memberikan Instruksi tertulis kepada Observer. Terlepas dari beberapa pengamat yang digunakan , instruksi tertulis harus disiapkan untuk memastikan bahwa prosedur administrasi yang konsisten untuk semua siswa . Instruksi ini harus rinci dan mencakup arah tentang instruksi , peralatan, perlengkapan, dan bahan yang harus diberikan kepada siswa , berapa banyak waktu siswa harus diberikan untuk melakukan tugas , dan ketika umpan balik harus diberikan kepada siswa .
2.    Diskusikan Potensi Kesalahan di Pengamatan dan penilaian penilaian. Tujuan kinerja dapat terancam oleh bias pribadi dan efek halo . Bias pribadi adalah kecenderungan untuk menilai semua siswa yang relatif sama . Karena kecenderungan mereka , pengamat mungkin tidak adil murah hati dalam penilaian mereka terhadap siswa , parah , atau netral . Efek halo mengacu pada kesalahan dalam penilaian karena sikap yang ditetapkan sebelumnya terhadap mahasiswa tertentu . Sebuah sikap yang menguntungkan terhadap mahasiswa dapat mengakibatkan peringkat tidak adil menguntungkan . Demikian juga , sikap yang tidak menguntungkan terhadap mahasiswa dapat mengakibatkan peringkat adil miskin . Pengamat harus dibuat sadar akan kesalahan umum dalam observasi dan penilaian dan mengingatkan untuk tetap objektif .
3.    Melakukan Sesi Praktek. Sebelum menempatkan pengamat di posisi penilaian  kinerja siswa , sesi latihan harus dilakukan . Setelah diberi instruksi tertulis , setiap pengamat harus mengambil giliran melakukan tugas yang akan diharapkan dari para siswa dan juga menilai kinerja lain . Melakukan hal ini akan memungkinkan pengamat untuk memperjelas pertanyaan yang berkaitan dengan prosedur dan memahami kinerja siswa diharapkan sebelum administrasi penilaian sebenarnya.
4.    Memberikan Contoh Dari Kinerja dan Penilaian. Untuk memperjelas bagaimana kinerja harus dinilai , pengamat harus menampilkan contoh berbagai tingkat prestasi siswa . Idealnya , pengamat harus melihat rekaman video dari siswa sebelum melaksanakan tugas . Minimal, satu rekaman harus menunjukkan kinerja yang luar biasa , sementara yang lain harus menunjukkan kinerja yang tidak dapat diterima . Peringkat siswa tersebut harus dibagi dengan pengamat , dan alasan di balik penilaian harus dibahas secara rinci .

Penilaian Kinerja diagnostik

Seperti disebutkan dalam Bab 9 , nilai mengamati dan menilai siswa melakukan prosedur , sebagai lawan produk , adalah bahwa kesalahan spesifik lebih mudah terdeteksi . Bila produk berfungsi sebagai satu-satunya fokus penilaian, mungkin jelas bahwa terjadi kesalahan ketika memproduksi produk . Namun , mungkin sulit untuk memastikan secara tepat apa kesalahan yang dibuat siswa . Misalnya , akan sulit untuk menentukan apakah kue ( produk ) yang kering adalah hasil dari proporsi yang salah bahan , memanggang terlalu lama , atau alasan lain . Seandainya mahasiswa telah diamati mengukur bahan dan memanggang kue , maka kesalahan akan menjadi jelas. Namun , evaluasi prosedur yang memiliki keterbatasan diagnostik mereka. Sementara fokus penilaian pada prosedur akan lebih mudah menunjukkan apa yang terjadi kesalahan tertentu , mungkin memberikan sedikit informasi yang dapat digunakan untuk menjelaskan " mengapa " terjadi kesalahan . Apakah siswa hanya ceroboh dan melewatkan langkah penting ? Atau, apakah siswa tidak mengerti mengapa langkah harus dilakukan ? Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini , siswa bisa diminta untuk menjelaskan setiap langkah yang mereka lakukan dan apa tujuan langkah berfungsi . Dengan mensyaratkan siswa untuk " berpikir keras , " pengamat berada dalam posisi yang lebih baik untuk menilai kedalaman siswa pemahaman tentang alat-alat , peralatan , dan bahan-bahan yang paling tepat untuk digunakan dan apa yang akan dihasilkan dari melakukan setiap langkah dengan benar .

Ringkasan Poin

1 . Lebih otentik pengaturan penilaian kinerja , semakin besar kemungkinan tak terduga dan tidak diinginkan peristiwa akan terjadi .
2 . Sebelum penilaian dimulai , langkah-langkah yang harus diambil untuk mengendalikan atau menghilangkan kejadian yang tidak diinginkan .
3 . Siswa harus siap untuk penilaian kinerja dalam rangka untuk mengurangi ketakutan dan kebingungan .
4 . Mempersiapkan orang-orang yang akan mengamati dan prestasi siswa tingkat dianjurkan untuk meningkatkan kemungkinan penilaian obyektif .
5 . Kemampuan diagnostik dari penilaian kinerja ditingkatkan dengan meminta siswa untuk menjelaskan selama pengkajian apa yang mereka lakukan dan mengapa prosedur yang diperlukan .







0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About