Saturday, July 2, 2016

DEMOKRASI LANGSUNG DAN TAK LANGSUNG DALAM MEMILIH PEMIMPIN

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 02, 2016 | No comments

Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warga negara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.

Negara Indonesia adalah negara hukum. Hukum dibangun dan ditegakkan menurut prinsip- prinsip demokrasi. Hukum tidak dibuat, ditetapkan, ditafsirkan, dan ditegakkandengan tangan besi berdasarkan kekuasaan semata. Sebaliknya demokrasi haruslah diatur berdasarkan atas hukum. Perwujudan gagasan demokrasi memerlukan instrumen hukum untuk mencegah munculnya mobokrasi yang mengancam pelaksanaan demokrasi itu sendiri.
Modern berdiri di atas basis kesepakatan umum mayoritas rakyat tentang bangunan negara yang diidealkan.Organisasi negara diperlukan agar mereka dapat dilindungi atau dipromosikan melalui pembentukan dan penggunaan mekanisme negara. Masyarakat  suatu negara terdiri atas berbagai macam kelompok dengan kepentingan berbeda-beda yang jika tidak  diatur dan diorganisasikan dengan baik akan saling berbenturan dan kembali pada kondisi pra- negara. Maka salah satu fungsi negara adalah memenuhi kepentingan warga negara sekaligus melindungi kepentingan warga negara yang lain.
Negara diberi kekuasaan untuk mempromosikan kepentingan warga negara dan mengatur pemenuhan kepentingan tersebut atau bahkan membatasinya jika dapat merugikan kepentingan warga negara yang lain. Jika negara hanya mempromosiakn kepentingan sekelompok warga negara saja, maka akan menjadi negara kelas yang melahirkan gerakan-gerakan sosialisme-komunisme (Asshiddiqie, 2009: 398).

Indonesia adalah salah satu negara yang menjunjung tinggi demokrasi. Didalam praktek kehidupan kenegaraan sejak masa awal kemerdekaan hingga saat ini, ternyata pelaksanaan demokrasi yang dijalankan di Indonesia mengalami perubahan. Penyelenggaraan pemilu yang terjadi di indonesia mengalami perubahan dari bentuk demokrasi tak langsung dan tak langsung sesuai dengan perubahan politik yang terjadi. Saat ini rakyat dapat memilih pemimpin dengan cara memilih langsung. Hal ini sekaligus memberikan pendidikan politik dalam rangka mewujudkan negara yang demokratis.

download tugas makalah selengkapnya disini 

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About