Saturday, July 2, 2016

Pengaruh Biaya dan Analisis Biaya Dalam Ekonomi Pendidikan

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 02, 2016 | No comments

Latar Belakang
Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan merupakan suatu faktor kebutuhan dasar untuk setiap manusia sehingga upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, karena melalui pendidikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan.
download tugas makalah selengkapnya disini

Pendidikan mempengaruhi secara penuh pertumbuhan ekonomi suatu Negara (daerah). Hal ini bukan saja karena pendidikan akan berpengaruh terhadap produktivitas, tetapi juga akan berpengaruh fertilitas masyarakat. Pendidikan dapat menjadikan sumber daya manusia lebih cepat mengerti dan siap dalam menghadapi perubahan dan pembangunan suatu Negara.
Hampir semua negara berkembang menghadapi masalah kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang diakibatkan oleh rendahnya mutu pendidikan. Hal ini ditunjukkan oleh adanya tingkat melek huruf yang rendah, pemerataan pendidikan yang rendah, serta standar proses pendidikan yang relatif kurang memenuhi syarat.
Di tambah dengan kesadaran masyarakat yang belum melek pendidikan dimana mereka mengharapkan mendapatkan hasil pendidikan yang baik, namun jauh asap dari api mereka belum mampu mensinergikan nilai ekonomi dalam pendidikan terbaik yang ingin diraihnya. Ketidakmampuan dalam hal ekonomi menjadi alasan utama sehingga orientasi tujuan pendidikan di kalangan masyarakat Indonesia kita hanya sampai kepada apa yang akan kita kerja setelah selesai pendidikan, bukan kepada hakikat pendidikan itu sendiri yaitu menjadi manusia yang manusiawi.
Dilihat dari sudut pandang yang beragam tersebut maka perlulah dikaji tentang arti pendidikan dan pertumbuhan di dalam perspektif ekonomi, sebagai bekal bagi kita untuk turut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan produktivitas sumber daya manusia yang unggul, hebat, kreatif, inovatif dalam menghadapi sistem globalisasi.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masala dalam makalah ini adalah :
a)      bagaimanakah peranan pendidikan dalam pertumbuhan ekonomi?
b)      bagaimanakah pengaruh biaya dan analisis biaya dalam pendidikan?.

Tujuan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan  masalah dalam makalah ini :
a)      untuk memahami peranan pendidikan dalam pertumbuhan ekonomi
b)      untuk memahami pengaruh biaya dan analisis biaya dalam pendidikan


download tugas makalah selengkapnya disini 

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About