Saturday, July 9, 2016

Asesmen Pembelajaran : Pilihan Ganda (Translate)

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 09, 2016 | No comments

Multiple Choice ( pilihan ganda )



Setelah mempelajari bab ini, kamu diharapkan mampu
1.         menjelaskan karakteristik dari soal pilihan ganda.
2.         menjelaskan kelebihan dan kekurangan soal pilihan ganda.
3.         Membedakan antara rumusan baik dan rumusan kurang baik dalam soal pilihan ganda.
4.         Mengidentifikasi dan membetulkan kesalahan dan kekurangan soal pilihan ganda.
5.         Mencocokkan pilihan ganda untuk hasil belajar yang dimaksudkan.
6.         Menciptakan soal pilihan ganda dengan rumusan yang baik, sesuai untuk kepentingan hasil belajar, dan bebas dari kekurangan.
Soal pilihan ganda, paling banyak digunakan dan mendapat penghargaan sebagai soal pilihan. Soal pilihan ganda  dirancang untuk mengukur berbagai hasil  pembelajaran, dari yang sederhana sampai yang kompleks, dan dapat memberikan kualitas yang tinggi. Karena soal pilihan ganda memainkan peranan penting dalam pengujian prestasi dan akan dikupas dalam bab ini secara rinci. Soal bentuk yang lain  (benar-salah, pencocokan, dan keterampilan olahraga) akan dijelaskan dalam bab berikutnya.


Sifat Dasar Soal Pilihan Ganda
Soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal  yang menyajikan situasi masalah, dan beberapa alternatif (opsi atau pilihan), yang menyediakan solusi yang mungkin untuk masalah ini. Bentuk soal yang mungkin dapat berupa pertanyaan atau pernyataan yang tidak lengkap. Alternatif terdiri dari jawaban benar dan beberapa jawaban yg tdk masuk Akal yang disebut distracters (pengecoh). Fungsi kedua adalah untuk mengalihkan perhatian para pelajar yang tidak yakin dengan jawabannya.
Soal berikut menggambarkan bentuk pertanyaan dan pernyataan tidak lengkap bentuk soal pilihan ganda.
Contoh:
Manakah jenis berikut yang merupakan contoh dari jenis soal tes melengkapi?
  A. Soal pilihan ganda.
  B. Soal benar-salah.
  C. Soal menjodohkan
* D.Soal  jawaban pendek.
Contoh dari jenis soal tes melengkapi adalah
A.      Soal pilihan ganda.
B.      Soal benar-salah.
C.      Soal menjodohkan .
D.      Soal  jawaban pendek.*
Meskipun dinyatakan berbeda, kedua pokok soal merupakan masalah yang sama. Catatan, bagaimanapun, bahwa pernyataan tidak lengkap lebih ringkas. Bentuk pertanyaan lebih mudah untuk menulis dan memaksa pembuat tes untuk menimbulkan masalah yang jelas tetapi cenderung menghasilkan pokok soal yang panjang. Sebuah prosedur yang efektif untuk pemula adalah mulai dengan pertanyaan dan beralih ke pernyataan tidak lengkap sewaktu-waktu keringkasan lebih besar dapat diperoleh .
Alternatif  contoh sebelumnya hanya berisi satu jawaban yang benar, dan pengecoh jelas salah. Tipe lain dari pilihan ganda adalah bentuk jawaban terbaik di mana semua alternatif sebagian benar tetapi satu jelas lebih baik daripada yang lain. Tipe ini digunakan untuk prestasi yang lebih kompleks, seperti ketika siswa harus memilih alasan terbaik untuk tindakan, metode terbaik untuk melakukan sesuatu, atau aplikasi terbaik dari prinsip. Dengan demikian, bentuk jawaban yang benar atau jawaban terbaik yang digunakan tergantung pada hasil belajar yang akan diukur.
Contoh:
Manakah item yang terbaik untuk mengukur keterampilan komputasi ?
a . Item pilihan ganda.
b . Barang benar-salah .
c . pencocokan barang.
d . Item Jawaban singkat . *
Pada contoh memberikan gambaran penggunaan empat alternatif. Item pilihan ganda biasanya meliputi tiga, empat, atau lima pilihan. Jumlah yang lebih besar tentu saja akan mengurangi kesempatan siswa memperoleh jawaban benar dengan cara. Secara teoritis, dengan lima alternatif hanya ada satu kesempatan dalam lima menebak jawabannya, sedangkan dengan empat alternatif ada satu kesempatan dalam empat. Bagaimanapun, hal ini sangat sulit untuk mendapatkan lima pilihan yang masuk akal dan item tidak ditingkatkan dengan menambahkan jawaban yang jelas salah.
Keunggulan dan Keterbatasan Pilihan Ganda.
Keunggulan
1.       Hasil Belajar dari yang sederhana sampai yang kompleks dapat diukur.
2.       Tugas-tugas disediakan sangat jelas dan terstruktur.
3.       Sebuah sampel yang luas prestasi dapat diukur.
4.       Alternatif yang salah memberikan informasi diagnostik.
5.       Skor kurang dipengaruhi oleh menebak dari soal benar-salah.
6.       Skoring mudah, obyektif, dan dapat diandalkan.
Keterbatasan
1.         Membangun item yang baik memakan waktu.
2.         Sering kesulitan untuk menemukan pengecoh masuk akal.
3.         Item ini tidak efektif untuk mengukur beberapa jenis pemecahan masalah dan kemampuan untuk mengatur dan mengekspresikan ide-ide.
4.         Skor dapat dipengaruhi oleh kemampuan membaca.


Aturan untuk Menunggu Produk Pilihan Ganda
Sebuah pilihan ganda item yang efektif menyajikan siswa dengan tugas yang penting dan dipahami dengan jelas, dan salah satu yang dapat dijawab dengan benar oleh siapa saja yang telah mencapai hasil belajar yang diinginkan. Tidak ada dalam isi atau struktur dari item tersebut harus mencegah mahasiswa informasi dari menanggapi dengan benar. Demikian pula [demikian pula], tidak ada dalam isi atau struktur dari item tersebut harus memungkinkan mahasiswa kurang informasi untuk memilih jawaban yang benar. Mengikuti aturan untuk menulis item yang dimaksudkan sebagai panduan untuk persiapan [ persiapan ] dari pilihan ganda yang berfungsi sebagaimana dimaksud [Yang diharapakan].

1 . Desain setiap soal untuk mengukur hasil belajar yang penting .
Situasi masalah sekitar yang item adalah untuk dibangun harus penting dan harus berhubungan dengan hasil belajar dimaksudkan untuk diukur. Saat menulis item, fokus pada konten berfungsi item dan menolak godaan untuk memasukkan materi yang tidak relevan atau konten yang lebih jelas dan kurang signifikan untuk meningkatkan item kesulitan. Ingat bahwa tujuan dari masing-masing items untuk memanggil jenis kinerja yang akan membantu menentukan sejauh Wich hasil pembelajaran yang dimaksudkan telah dicapai .
Produk yang dirancang untuk mengukur prestasi kompleks harus mengandung beberapa hal baru . Sebagai contoh, di mana item memori mungkin memerlukan identifikasi definisi buku teks istilah , item pemahaman mungkin memerlukan identifikasi bentuk modifikasi dari itu , dan konten aplikasi mungkin memerlukan identifikasi contoh penggunaan yang tepat . Kedua pemahaman dan item aplikasi akan berfungsi sebagaimana dimaksud , namun hanya jika materi baru kepada siswa . Dengan demikian , item mengukur prestasi kompleks harus memerlukan siswa untuk menunjukkan bahwa mereka telah memahami makna material dan dapat menggunakannya dalam situasi yang baru bagi mereka .

2 . Kemukakan satu masalah yang dirumuskan dengan jelas di pokok soal.
Tugas yang ditetapkan dalam batang item harus begitu jelas bahwa seorang siswa dapat memahaminya tanpa membaca alternatif . pada dasarnya , mengecek kejelasan dan kelengkapan soal pokok pilihan ganda adalah untuk menutupi alternatif dan menentukan keduanya, itu bisa dijawab tanpa pilihan . Cobalah ini pada dua item sampel yang mengikuti .
contoh
Miskin: Sebuah tabel spesifikasi
a . Menunjukkan bagaimana tes akan digunakan untuk meningkatkan pembelajaran .
b . Memberikan sampling lebih seimbang konten .
c . Mengatur tujuan instruksional dalam rangka pentingnya peranan mereka .
d . Menentukan metode scoring yang akan digunakan pada tes .
Lebih baik : Apa keunggulan utama menggunakan spesifikasi tabel ketika mempersiapkan tes prestasi ?
a . Ini mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan .
b . Ini meningkatkan sampling konten
c . Itu membuat pembangunan item tes lebih mudah .
d . Hal ini meningkatkan objektivitas tes.

Yang pertama dari contoh-contoh ini tidak lebih dari dari collection of pernyataan benar-salah dengan batang umum . Masalah yang disajikan dalam batang versi perbaikan cukup jelas untuk melayani sebagai supply - jenis item pendek jawaban. Alternatif hanya menyediakan serangkaian kemungkinan jawaban dari Wich untuk memilih .
Perhatikan juga dalam versi kedua yang masalah tunggal disajikan dalam batang . Termasuk lebih dari satu masalah ussualy menambah kompleksitas kata-kata dan mengurangi nilai diagnostik item.when siswa gagal seperti item , tidak ada cara untuk menentukan masalah mencegah mereka dari menanggapi dengan benar .

3 . Nyatakan pokok soal dengan sederhana dan
    bahasa yang jelas
.
Masalah dalam batang item pilihan ganda harus dinyatakan setepat mungkin dan harus bebas dari tidak perlu kompleks kata-kata dan kalimat struktur . Siapapun yang memiliki pengetahuan diukur dengan item tes harus dapat memilih jawaban yang benar . Item buruk lain sering berasal memperkenalkan ambiguityto cukup mencegah mahasiswa berpengetahuan dari menanggapi dengan benar . Juga , struktur kalimat yang kompleks dapat membuat item ukuran yang lebih pemahaman bacaan thanof hasil yang diinginkan . Yang pertama dari dua contoh berikut merupakan contoh yang ekstrim dari masalah ini .
contoh
Miskin: kurangnya masuk akal , tetapi dalam koreksi , statments yang dapat berhubungan dengan ide sentral menimbulkan proble ketika membangun yang salah satu dari jenis berikut item tes ?
a . Jawaban singkat .
b . Benar-salah .
c . Pilihan ganda .
d . Essay .

Lebih baik : Kurangnya masuk akal , namun tidak tepat , alternatif akan menyebabkan
                      kesulitan terbesar ketika membangun
a . item pendek jawaban
b . item benar-salah
c . item pilihan ganda
d . soal essay

kesalahan umum lain dalam menyatakan pilihan ganda adalah untuk memuat batang dengan tidak relevan dan , dengan demikian , bahan nonfunctioning . Hal ini kemungkinan disebabkan oleh keinginan instruktur untuk terus mengajar siswa - bahkan saat menguji mereka . Contoh berikut menggambarkan penggunaan item batang sebagai " cahance lain untuk menginformasikan siswa . "

contoh
Miskin: Pengujian dapat berkontribusi untuk program Intructional sekolah di banyak
           hal penting. Namun, fungsi utama dari pengujian dalam pengajaran adalah :

Lebih baik : Fungsi utama pengujian dalam pengajaran adalah :
Versi pertama meningkatkan waktu membaca dan tidak membuat kontribusi terhadap pengukuran hasil tertentu . Menghabiskan waktu dalam bahan bacaan tidak relevan tersebut dapat menghabiskan lebih menguntungkan dalam memikirkan masalah yang diajukan . Tetapi jika tujuan dari item adalah untuk mengukur kemampuan siswa untuk membedakan antara materi yang relevan dan tidak relevan , aturan ini harus, tentu saja , diabaikan .
4 . Masukan sebanyak mungkin kata-kata dalam pokok soal. Hindari mengulangi materi yang sama di masing-masing alternatif . Dengan memindahkan semua konten umum untuk yhe batang , biasanya posible untuk menjelaskan masalahnya lebih lanjut dan untuk mengurangi waktu mahasiswa perlu tp membaca alternatif . Catatan perbaikan pada item berikut ketika aturan ini diikuti .
contoh
Miskin: pengujian objektif , tujuan jangka .
a . Mengacu pada metode mengidentifikasi hasil belajar .
b . Mengacu pada metode pemilihan konten pengujian .
c . Mengacu pada metode penyajian masalah.
d . Mengacu pada metode mencetak jawaban .
Lebih baik : dalam pengujian obyektif, tujuan jangka mengacu pada metode
a . Mengidentifikasi hasil belajar .
b . Memilih konten pengujian .
c . Menyajikan masalah.
d . Scoring jawaban .
Dalam banyak kasus masalah tidak hanya untuk memindahkan kata-kata umum untuk batang tetapi untuk reword seluruh item . Contoh berikut menggambarkan bagaimana item dapat ditingkatkan dengan merevisi batang dan memperpendek alternatif .
contoh
Miskin: tujuan instruksional yang paling tepat untuk menjadi berguna untuk tujuan tes - contruction ketika mereka dinyatakan sedemikian rupa bahwa acara
a . Isi kursus yang akan dibahas selama periode pembelajaran .
b . Jenis-jenis mahasiswa harus menunjukkan kinerja setelah mencapai tujuan.
c . Hal-hal yang guru akan lakukan untuk mendapatkan belajar siswa yang maksimal .
d . Jenis kegiatan belajar yang akan berpartisipasi dalam selama kursus .
Lebih baik : tujuan instruksional yang paling berguna untuk tujuan pengujian konstruksi ketika mereka dinyatakan dalam hal
a . isi kursus
b . kinerja siswa
c . perilaku guru
d . kegiatan belajar
Hal ini , tentu saja , tidak mungkin untuk merampingkan semua item dalam cara ini , tetapi ekonomi kata-kata dan kejelasan ekspresi adalah tujuan penting untuk diperjuangkan dalam konstruksi tes . Items berfungsi lebih baik ketika ramping dan trim .

5 . Sedapat mungkin nyatakan pokok soal dalam bentuk positif. Hal ini karena mengetahui hal-hal seperti metode terbaik atau argumen yang paling relevan biasanya memiliki makna pendidikan yang lebih besar bahwa mengetahui metode termiskin atau argumen paling revelant . Penggunaan item negatif menyatakan batang menghasilkan terlalu sering dari kemudahan yang item tersebut dapat dibangun bukan dari pentingnya hasil pembelajaran diukur . Pembuat tes yang menjadi frustated oleh ketidakmampuan untuk memikirkan jumlah yang memadai distracters masuk akal untuk item , seperti dalam contoh pertama setelah , tiba-tiba menyadari betapa sederhananya akan membangun versi kedua .
contoh
Butir satu : yang salah satu dari berikut ini adalah kategori dalam taksonomi revisi dari domain kognitif ?
* A. Memahami
 B. ( Distracter diperlukan)
 C. ( Distracter diperlukan)
E.       ( Distracter diperlukan)
Butir dua : Yang salah satu dari berikut ini bukan kategori tidak dalam taksonomi revisi dari domain kognitif ?
A.      Memahami
B.      Terapkan
C.      Menganalisis
D.      (jawaban yang dibutuhkan )*

Catatan dalam versi kedua yang kategori taksonomi yang berfungsi sebagai pengalih dan bahwa semua yang diperlukan untuk menyelesaikan item adalah jawaban yang benar . Ini bisa menjadi apapun istilah yang muncul masuk akal tetapi tidak salah satu kategori yang tercantum dalam taksonomi . Meskipun barang-barang tersebut mudah dibangun , mereka cenderung memiliki tingkat kesulitan rendah dan cenderung untuk mengukur hasil belajar relatif tidak penting . Mampu mengidentifikasi jawaban yang tidak berlaku tidak memberikan jaminan bahwa siswa memiliki pengetahuan yang diinginkan .
Solusi ini kurangnya distracters memadai kemungkinan besar terjadi ketika pembuat tes berkomitmen untuk penggunaan pilihan ganda saja. Sebuah prosedure lebih diinginkan untuk mengukur " kemampuan untuk rezognize kategori dalam taksonomi dari domain kognitif " adalah untuk beralih ke bentuk benar-salah dimodifikasi , seperti dalam contoh berikut .
contoh
Arah : Tunjukkan mana dari berikut ini adalah kategori dalam taksonomi domain kognitif dengan melingkari Y untuk ya dan N untuk no.
* Y N Memahami
Y N * Berpikir Kritis
Y N * Penalaran
* Y N Buat
Dalam menanggapi item ini , mahasiswa harus membuat penilaian terpisah untuk setiap pernyataan - pernyataan baik atau tidak salah satu kategori . Dengan demikian , item panggilan untuk jenis kinerja yang tercantum dalam hasil belajar , namun menghindari masalah terbatasnya jumlah distracters dan kalimat negatif .

6 . Tekankan kata-kata negatif ketika dipakai di  pokok soal. Dalam beberapa kasus penggunaan kata-kata negatif adalah dasar untuk pengukuran hasil belajar yang penting . Mengetahui bahwa Anda tidak harus menyeberang jalan terhadap lampu merah atau tidak harus mencampur bahan kimia tertentu , misalnya , sangat penting bahwa ajaran ini mungkin langsung diajarkan dan langsung terasa . Setiap situasi yang berpotensi berbahaya mungkin memerlukan penekanan negatif . Ada juga , tentu saja , situasi yang kurang mengerikan di mana ungkapan negatif berguna . Hampir setiap seperangkat aturan atau PROSEDUR menempatkan beberapa penekanan pada latihan yang harus dihindari .
Ketika kata-kata negatif digunakan dalam batang item , harus ditekankan dengan diberi garis bawah atau huruf besar dan dengan ditempatkan di dekat akhir pernyataan tersebut .

contoh
Miskin : yang salah satu dari berikut ini bukan praktek diinginkan ketika mempersiapkan barang pilihan ganda ?
a . Menyatakan batang dalam bentuk posituve
b . Menggunakan batang yang bisa berfungsi sebagai item pendek jawaban
c . Menggarisbawahi kata-kata tertentu di batang untuk penekanan
d . Memperpendek batang dengan memperpanjang alternatif
Lebih baik : semua hal berikut adalah praktek diinginkan ketika mempersiapkan barang pilihan ganda dikecualikan
A.      Menyatakan batang dalam bentuk positif
B.      Menggunakan batang yang bisa berfungsi sebagai pos short – jawaban
C.      Menggarisbawahi kata-kata tertentu di batang untuk penekanan
D.      Memperpendek batang dengan memperpanjang alternatif
Versi perbaikan dari produk ini menjamin bahwa barang-barang aspek negatif tidak akan overlocked , dan memoles siswa dengan pola pikir yang tepat sebelum membaca alternatif .

7 . Pastikan bahwa jawabannya dimaksudkan benar atau paling benar . ketika bentuk jawaban yang benar dari soal pilihan ganda yang digunakan, harus ada hanya satu jawaban yang benar dan tidak diragukan. Dengan bentuk jawaban terbaik , jawaban yang dimaksudkan harus menjadi salah satu yang mampu akan agregat adalah jelas yang terbaik . Dalam kasus surat itu juga mungkin sudah diperlukan termasuk " dari berikut " di batang item untuk memungkinkan jawaban fanatik equaly statisfactory yang belum termasuk dalam item .

contoh:
Miskin: apa metode terbaik dari isi kursus yang dipilih untuk item tes ?
Lebih baik : Yang salah satu dari berikut metode terbaik dalam memilih program studi conten untuk item tes ?

Ungkapan yang tepat dari batang item end juga dapat membantu menghindari jawaban samar-samar ketika bentuk yang benar -jawab digunakan . Bahkan , inadequalitely dan menyatakan masalah ferquentely membuat jawaban dimaksudkan hanya sebagian benar atau membuat lebih dari satu alternatif yang cocok .

contoh
Miskin: apa tujuan pengujian kelas ?
Lebih baik : salah satu tujuan pengujian classrom adalah :
( atau )
Tujuan utama dari pengujian kelas adalah
Hal ini tentu saja juga diperlukan untuk memeriksa setiap destracters dalam item untuk memastikan bahwa tidak ada pada mereka dapat dipertahankan sebagai jawaban yang benar . Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas barang tetapi juga akan mencegah argumen mengganggu pada saat pembahasan hasil tes .

8 . Membuat semua alternatif tata bahasa cocok dengan pokok soal dan dalam bentuk sejajar. Jawaban yang benar biasanya hati-hati diutarakan sehingga secara tata bahasa cocok dengan pokok soal. Dimana pembuat tes sangat tepat untuk menyelinapkanya dalam menyatakan pengecoh. Kecuali perawatan diambil untuk memeriksa mereka terhadap kata-kata dalam batang dan jawaban yang benar , mereka mungkin tidak konsisten dalam bentuk tegang , atau tata bahasa . Ini, tentu saja , dapat memberikan petunjuk untuk jawaban yang benar , atau setidaknya membuat beberapa distracters tidak efektif .
Sebuah langkah umum yang dapat diambil untuk mencegah inkonsistensi gramatikal adalah untuk menghindari menggunakan artikel " a " atau " an " di akhir batang item .

contoh
Miskin: penarikan kembali informasi faktual dapat diukur terbaik dengan
a . pencocokan barang
b . Item pilihan ganda
c . Item Short- jawaban
d . pertanyaan yang mudah
Lebih baik : penarikan kembali informasi faktual dapat diukur terbaik dengan
a . pencocokan barang
b . Item pilihan ganda
c . Item Short- jawaban
d . pertanyaan yang mudah
Artikel tak terbatas " a " dalam versi pertama membuat Distracter terakhir jelas-jelas salah . Dengan hanya berubah dalam alternatif dari tunggal ke jamak , adalah mungkin untuk menghilangkan artikel. Dalam kasus lain , mungkin perlu untuk menambahkan sebuah artikel ( " a ", " an ", atau yang sesuai ) untuk setiap alternatif atau ulangi seluruh item .
Menyatakan semua alternatif dalam bentuk paralel juga cenderung untuk mencegah petunjuk yang tidak perlu dari yang diberikan kepada siswa . Ketika struktur gramatikal dari salah satu alternatif berbeda dari yang lain , beberapa siswa mungkin lebih mudah mendeteksi alternatif yang sebagai benar atau respon yang salah .
contoh
Miskin: mengapa hal negatif harus dihindari dalam batang item pilihan ganda ?
a . Mereka mungkin diabaikan
b . Batang cenderung lebih lama
c . Pembangunan alternatif lebih sulit
d . Penilaian tersebut lebih sulit
Lebih baik : mengapa hal negatif harus dihindari dalam batang item pilihan ganda ?
a . Mereka mungkin diabaikan
b . Batang cenderung lebih lama
c . Pembangunan alternatif lebih sulit
d . Penilaian tersebut lebih sulit
Dalam versi pertama beberapa siswa yang tidak memiliki pengetahuan menyerukan cenderung untuk memilih jawaban yang benar karena cara itu dinyatakan . Struktur gramatikal paralel di thr versi kedua menghilangkan petunjuk ini .

9. Menghindari petunjuk lisan yang memungkinkan siswa untuk memilih jawaban yang benar atau untuk menghilangkan alternatif yang salah. Salah satu sumber yang paling umum asing petunjuk dalam soal pilihan ganda adalah kata-kata isoal. Beberapa petunjuk tersebut agak jelas dan mudah dihindari. Lainnya memerlukan perhatian terus-menerus pembuat tes prvent mereka dari tergelincir di tanpa diketahui. Mari kita tinjau beberapa petunjuk verbal sering ditemukan dalam pilihan ganda item.
() Kemiripan kata-kata dalam kedua batang dan jawaban yang benar adalah salah satu petunjuk paling jelas. Kata kunci dalam batang tidak sengaja dapat diulang verbatim di jawaban yang benar, sinonim dapat digunakan, atau kata-kata mungkin hanya suara atau mirip.

Contoh
Miskin: yang salah berikut akan Anda berkonsultasi terlebih dahulu untuk artikel lacate penelitian pada pencapaian pengujian?
A. Jurnal psikologi pendidikan
B. Jurnal pendidikan pengukuran
C. Jurnal konsultasi psikologi
D. Review penelitian pendidikan
Kata "penelitian" di baik batang dan jawaban yang benar cenderung memberikan petunjuk untuk jawaban yang benar untuk siswa kurang informasi tetapi testwise. Petunjuk yang jelas seperti itu mungkin lebih baik digunakan dalam batang dan jawaban yang salah , untuk memimpin kurang informasi jauh dari jawaban yang benar.
(b) menyatakan benar ansver dalam buku teks bahasa atau ungkapan sterevtyped
dapat menyebabkan siswa untuk memilihnya karena terlihat lebih baik daripada alternatif lain,
atau karena mereka samar-samar ingat setelah melihat itu sebelumnya.

ExampIe
Miskin: Hasil pembelajaran paling berguna dalam mempersiapkan tes ketika mereka
A. jelas dinyatakan dalam istilah kinerja.
B. yang sama yang dikembangkan oleh guru dan siswa.
C. disiapkan setelah instruksi telah berakhir.
D. dinyatakan secara umum persyaratan.

Ungkapan tepuk dari jawaban yang benar mungkin untuk memberikannya. Bahkan yang paling
buruk siap mahasiswa apt mengenali frase yang sering diulang-ulang "jelas
dinyatakan dalam persyaratan kinerja,"tanpa foggiest gagasan tentang apa artinya.

(c) Stating jawaban yang benar secara lebih rinci dapat memberikan petunjuk. Juga,
Kapan jawaban dilayakkan oleh pengubah yang biasanya dikaitkan dengan
benar pernyataan (misalnya, "kadang-kadang," "mungkin," "biasanya"), itu adalah tahi lalat yang mungkin
akan dipilih.

Exanple
miskin: kurangnya perhatian terhadap hasil belajar selama persiapan ujian
A. akan menurunkan kualitas teknis item.
B. akan membuat pembangunan item tes lebih sulit.
C. akan mengakibatkan penggunaan esay pertanyaan yang lebih besar.
D. dapat mengakibatkan tes yang kurang relevan dengan program instruksional.

Istilah "Mei" agak jelas dalam contoh ini, tapi ini jenis kesalahan umum dan sering muncul dalam bentuk yang lebih halus.

(d) termasuk absolut di distracters memungkinkan siswa untuk menghilangkan mereka sebagai kemungkinan jawaban karena istilah tersebut ("selalu," "nevet," "semua,"
"tidak,") "hanya," sering dikaitkan dengan pernyataan palsu. Ini membuat jelas jawaban yang benar, atau setidaknya meningkatkan kemungkinan bahwa siswa yang tidak tahu jawabannya akan menebak itu.

Contoh
Miskin: Tes prestasi membantu siswa mengembangkan mereka bersandar oleh
A. mendorong mereka semua untuk belajar keras.
B. menginformasikan mereka tentang kemajuan mereka.
C. memberikan mereka semua rasa keberhasilan.
D. mencegah mereka mengabaikan tugas-tugas mereka.

Absolut tersebut cenderung untuk digunakan oleh pembuat tes berpengalaman untuk menjamin alternatif salah yang jelas salah. Sayangnya, mereka dengan mudah diakui oleh mahasiswa sebagai jawaban tidak, membuat mereka tidak efektif sebagai distracters.
(e) termasuk dua tanggapan yang termasuk semua menjadikannya mungkin untuk mereka elliminate alternatif lainnya, karena salah satu dua jelas harus jawaban yang benar.

Contoh
Miskin: Yang salah satu jenis berikut item tes mengukur hasil pembelajaran di tingkat ingat?
* A. Supply-jenis item.
B. pilihan-jenis item.
C. pencocokan item.
D. pilihan ganda item.

Sejak pertama kali dua alternatif termasuk hanya dua jenis utama item tes, bahkan buruk disiapkan siswa cenderung membatasi pilihan-pilihan mereka untuk kedua.
Ini, tentu saja, memberi mereka kesempatan fifty-fifty menebak jawaban yang benar.
(f) termasuk dua tanggapan yang mempunyai arti yang sama memungkinkan untuk
menghilangkan mereka sebagai jawaban yang potensial. Jika dua alternatif mempunyai arti yang sama dan hanya satu jawaban untuk dipilih, hal ini cukup jelas bahwa kedua alternatif harus salah.

Contoh
Miskin: Yang satu dari yang berikut adalah karakteristik yang paling penting hasil tes prestasi?
A. Consisiency
B. keandalan
* C. relevansi
D. objektivitas

Dalam item ini "konsistensi" dan "keandalan" dapat dihilangkan karena mereka berarti hal yang sama.
Asing petunjuk untuk jawaban yang benar harus dikecualikan dari item tes jika item yang berfungsi sebagaimana dimaksud. Itu adalah praktik sering baik, namun, untuk menggunakan petunjuk tersebut untuk memimpin berseragam dari jawaban yang benar. Jika tidak berlebihan, ini dapat berkontribusi kemasukakalan alternatif salah.

10. Membuat pengecoh masuk akal dan menarik untuk mengetahui kebenaranNya. pengecoh pada soal pilihan ganda harus menarik bagi siswa sehingga yang tidak memiliki pengetahuan tersebut mereka akan memilih salah satu pengecoh yang lebih disukai dari jawaban yang benar. Ini adalah yang ideal, tentu saja, tapi satu ke arah mana pembuat tes harus bekerja terus-menerus. Seni membangun baik pilihan ganda item tergantung heavely pengembangan distracters efektif.
Anda dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan yang masuk akal dan daya tarik dari distracters:

a. Gunakan common Kesalahpahaman atau kesalahan siswa sebagai distracters.
b. negara alternatif dalam bahasa siswa.
c. menggunakan kata-kata "terdengar baik" ("akurat," "penting,") di distracters juga dalam jawaban yang benar.
d. membuat distracters serupa dengan jawaban yang benar dalam panjang dan kompleksitas dari kata-kata.
e. menggunakan petunjuk asing di distracters, ungkapan stereotip, jawaban ilmiah-terdengar dan verbal asosiasi dengan batang item. Tapi jangan berlebihan ini petunjuk untuk titik di mana mereka menjadi tidak efektif.
f. Membuat alternatif homogen, tetapi dalam melakukan jadi Waspadalah terhadap diskriminasi halus yang mendidik tidak signifikan.

Yang masuk akal lebih besar yang dihasilkan dari penggunaan lebih homogen alternatif dapat dilihat dalam versi perbaikan dari item berikut.

Contoh
Malang: Mendapatkan peringkat yang dapat diandalkan siswa adalah perhatian utama ketika menggunakan
* A. direferensikan norma sumatif tes.
Deskripsi B. perilaku.
Daftar-pembanding C..
D. kuesioner.

Lebih baik: Memperoleh peringkat yang dapat diandalkan siswa adalah perhatian utama ketika menggunakan
* A. direferensikan norma sumatif tes.
B. membuat guru tes diagnostik.
C. penguasaan tes prestasi.
D. direferensikan kriteria formatif tes.

Versi perbaikan tidak hanya meningkatkan kemasukakalan distracters tetapi itu juga menyerukan bagi jenis diskriminasi yang mendidik lebih signifikan.

11. meragamkan panjang relatif jawaban yang benar untuk menghilangkan petunjuk yang panjang. Ada kecenderungan untuk jawaban yang benar lebih panjang daripada alternatif jawaban yang ada karena kebutuhan untuk memenuhi syarat pernyataan untuk membuat mereka benar-benar tegas. Ini, tentu saja, menyediakan petunjuk bagi siswa yang bijak. Belajar fakta ini, pembuat berpengalaman tes sering membuat usaha khusus untuk menghindari pernah memiliki jawaban yang benar lebih lama daripada alternatif lain. Ini, tentu saja, juga menyediakan petunjuk, dan siswa waspada segera belajar untuk mengabaikan alternatif terpanjang sebagai kemungkinan jawaban.
Apakah panjang relatif jawaban yang benar dapat dihapus sebagai petunjuk dengan memvariasikan sedemikian cara yang pola tidak jelas yang diberikan. Itulah, kadang-kadang harus lagi, kadang-kadang lebih pendek, dan kadang-kadang panjang yang setara- tetapi tidak pernah secara konsisten atau dominan satu panjang relatif. Dalam beberapa kasus lebih diinginkan untuk membuat alternatif kira-kira sama panjang dengan menyesuaikan distracters daripada jawaban yang benar.

Contoh
Miskin: Salah satu keuntungan dari pilihan ganda item atas esai pertanyaan adalah bahwa mereka
A. mengukur hasil yang lebih kompleks.
B. tergantung lebih pada ingat.
C. memerlukan sedikit waktu untuk Skor.
* D. menyediakan untuk lebih luas sampling tentu konten.

Lebih baik: Salah satu keuntungan dari pilihan ganda item atas esai pertanyaan adalah bahwa mereka
A. menyediakan untuk pengukuran hasil pembelajaran yang lebih kompleks.
B. tempat penekanan lebih besar pada penarikan kembali informasi faktual.
C. memerlukan sedikit waktu untuk persiapan ujian dan penilaian.
* D. menyediakan untuk lebih luas sampling tentu konten.

Pemanjangan distracters, seperti yang dilakukan di versi perbaikan, menghilangkan panjang sebagai petunjuk dan meningkatkan yang masuk akal dari distracters, yang sekarang lebih mirip dengan jawaban yang benar dalam kompleksitas dari kata-kata.

12. Hindari  menggunakan kalimat " semua pernyataan di atas benar," dan "
atau semua pernyataan di atas salah "  dengan sangat hati-hati
 Ketika pembuat tes mengalami kesulitan untuk menemukan jumlah pengecoh yang memadai, mereka sering berusaha untuk menggunakan "semua di atas" atau "tidak di atas" sebagai pilihan terakhir. Alternatif khusus ini jarang digunakan secara tepat dan hampir selalu membuat soal kurang efektif .Dimasukkannya "alI di atas" sebagai pilihan menjadikannya mungkin untuk menjawab item berdasarkan informasi partiai. Karena siswa untuk memilih hanya satu jawaban, mereka dapat mendeteksi "semua di atas" sebagai pilihan yang tepat hanya dengan mencatat bahwa dua alternatif benar. Mereka dapat juga mendeteksi itu sebagai jawaban yang salah dengan mengakui bahwa setidaknya salah satu altenatives salah. Tentu saja, kesempatan untuk menebak jawaban yang benar dari pilihan tersisa kemudian meningkat secara proporsional. Kesulitan yang lain dengan opsi ini adalah bahwa beberapa siswa, mengakui bahwa pilihan pertama benar, akan memilih itu tanpa membaca sisa alternatif.
Jelas, penggunaan "tidak di atas" ini tidak mungkin dengan jenis bestanswer item pilihan ganda, karena alternatif bervariasi dalam kelayakan dan kriteria kebenaran mutlak tidak berlaku. Ketika digunakan sebagai jawaban yang benar dalam jawaban benar jenis barang, pilihan ini mungkin dapat mengukur tidak lebih dari kemampuan untuk mendeteksi jawaban yang salah. Mengenali bahwa jawaban tertentu salah adalah tidak menjamin bahwa siswa tahu apa yang benar. Sebagai contoh, seorang mahasiswa mungkin mampu menjawab item berikut dengan benar tanpa nama kategori dalam taksonomi.

Pensil2
Malang: yang berikut adalah kategori dalam taksonomi direvisi domain kognitif?
A. berpikir kritis
B. berpikir ilmiah
C. penalaran kemampuan
* D. Di atas tidak

Semua siswa perlu tahu untuk menjawab item ini dengan benar adalah bahwa kategori taksonomi yang baru dan berbeda dari orang-orang yang mereka telah umumnya terkait dengan keterampilan intelektual. Barang-barang seperti ini memberikan bukti-bukti yang agak miskin untuk menilai prestasi siswa.
Alternatif "tidak di atas" mungkin digunakan lebih luas dengan masalah komputasi yang disajikan dalam bentuk multipte-pilihan.Penerbit tes standar prestasi telah terpaksa pilihan ganda item untuk masalah tersebut untuk membuat mesin mencetak mungkin, dan mereka telah menggunakan alternatif
"atas tidak" dalam rangka untuk mengurangi
kemungkinan siswa memperkirakan jawaban tanpa melakukan perhitungan seluruh. Meskipun penggunaan "tidak di atas" mungkin dipertahankan, jarang ada kebutuhan untuk menggunakan pilihan ganda item untuk komputasi masalah dalam kelas tes. Menyediakan pasokan-jenis item yang memerlukan siswa untuk memecahkan masalah dan merekam jawaban yang paling langsung dan
ukuran yang berguna komputasi keterampilan. Ini adalah kasus lain di mana sangat diharapkan untuk beralih dari pilihan ganda item lain jenis item untuk mendapatkan pengukuran yang lebih efektif.

13. Ragamkan posisi jawaban yang benar secara acak. Jawaban yang benar harus muncul dalam setiap posisi alternatif tentang jumlah yang sama kali, tapi penempatan tidak harus mengikuti pola yang mungkin jelas bagi orang yang mengambil tes. Siswa yang mendeteksi bahwa jawaban yang benar tidak pernah muncul di posisi yang sama lebih dari dua kali berturut-turut, atau bahwa A adalah jawaban yang benar pada setiap item yang keempat, mungkin untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada pengetahuan mereka akan vvarrant. Petunjuk tersebut dapat dihindari dengan penempatan acak dari jawaban yang benar.
Cara termudah untuk secara acak menetapkan posisi jawaban yang benar dalam item pilihan ganda yang adalah untuk mengembangkan kode dengan bantuan sebuah buku: hanya membuka setiap buku di tempat acak, lihatlah halaman kanan, dan membiarkan digit terakhir dari nomor halaman menentukan penempatan dari jawaban yang benar.

Karena halaman kanan selalu berakhir dengan angka ganjil, kode mungkin sebagai berikut: digit 1 menunjukkan bahwa jawaban yang benar akan ditempatkan di posisi A, 3 = B, 5 C, 7 = = D, dan 9 = E.
Cukup variasi tanpa terlihat pola mungkin juga dapat diperoleh dengan hanya menempatkan tanggapan menurut abjad memesan, berdasarkan huruf pertama di masing-masing, dan membiarkan jatuhnya jawaban yang benar mana akan.
Ketika tanggapan alternatif angka, mereka harus selalu tercantum dalam urutan ukuran, sebaiknya dalam urutan menaik. Ini akan menghilangkan kemungkinan petunjuk, seperti jawaban yang benar yang satu-satunya yang tidak dalam urutan numerik.

14. Kontrol kesulitan item baik dengan berbagai masalah dalam pokok soal atau mengubah alternatif. lt biasanya lebih baik untuk meningkatkan kesulitan item dengan meningkatkan tingkat pengetahuan yang disebut oleh membuat masalah yang lebih kompleks. Namun, itu juga dimungkinkan untuk meningkatkan kesulitan dengan membuat alternatif yang lebih homogen. Ketika hal ini dilakukan, perawatan harus diambil bahwa diskriminasi halus yang disebut untuk mendidik signifikan dan selaras dengan hasil pembelajaran diukur.

15. Memastikan setiap item independen dari barang-barang lainnya dalam ujian.
Kadang-kadang informasi yang diberikan dalam batang satu item akan membantu siswa menjawab item lain. Ini dapat diatasi dengan mudah oleh sebuah seksama item sebelum mereka berkumpul ke tes.
Jenis masalah yang berbeda terjadi ketika jawaban yang benar untuk item tergantung pada mengetahui jawaban yang benar ke item sebelumnya. Siswa yang tidak mampu menjawab item pertama, tentu saja, tidak memiliki dasar untuk menanggapi kedua. Seperti rantai interlocking item harus dihindari. Masing-masing
item harus menjadi suatu unit independen scorable.

16. Menggunakan format item yang efisien. Alternatif harus tercantum pada baris terpisah, di bawah satu sama lain, seperti contoh-contoh dalam bab ini. Hal ini membuat alternatif mudah untuk membaca dan membandingkan. Hal ini juga berkontribusi untuk memudahkan penilaian sejak huruf alternatif semua muncul di sisi kiri kertas.
Salinan ujian dapat digunakan sebagai stensil penilaian: hanya lingkaran Surat-surat jawaban yang benar pada copy, kemudian menempatkan salinan di kertas siswa sehingga kolom surat sesuai.
Penggunaan huruf di depan alternatif lebih baik untuk penggunaan angka, karena numerik jawaban dalam item nomor mungkin membingungkan bagi siswa.

17. FoIIow aturan-aturan normal tata bahasa. Jika batang adalah bentuk yang bersangkutan, mulai setiap alternatif dengan huruf kapital dan berakhir dengan suatu masa atau tanda baca yang tepat lainnya. Menghilangkan periode dengan jawaban numerik, namun, untuk menghindari kebingungan dengan titik desimal. Ketika batang pernyataan lengkap, mulai setiap alternatif dengan huruf huruf kecil dan berakhir dengan apa pun terminal mark tanda baca tepat.

6.2 KOTAK
Checklist untuk mengevaluasi pilihan ganda item
1. Apakah ini jenis item sesuai untuk mengukur hasil dimaksudkan leaming?
2. Apakah tugas item cocok tugas belajar diukur?
3. Apakah batang item hadir masalah jelas dirumuskan, tunggal?
4. ls batang dinyatakan dalam bahasa sederhana, jelas?
5. Apakah batang bernada sehingga thal tidak ada pengulangan bahan dalam alternatif?
6. Apakah batang dinyatakan dalam bentuk positif sedapat mungkin?
7. Jika kata-kata negativen digunakan dalam batang, itu ditekankan (oleh menggarisbawahi atau
topi)?
8. Apakah jawaban dimaksudkan benar atau jelas terbaik?
9. Apakah semua alternatif gramatikal konsisten dengan batang dan paralel dalam bentuk?
10. Apakah alternatif gratis dari petunjuk verbal-jawaban yang benar?
11. Apakah distracters masuk akal dan menarik untuk mengetahui kebenaranNya?
12. Untuk menghilangkan panjang sebagai petunjuk, apakah panjang relatif jawaban yang benar bervariasi?
L3. Alternatif "semua di atas" telah dihindari dan "atas tidak" digunakan hanya apabila sesuai?
14. Apakah posisi jawaban yang benar bervariasi sehingga ada pola tidak terdeteksi?
15. Apakah penggunaan format dan tata bahasa menyediakan untuk mengambil tes efisien?

18. Istirahat (atau menekuk) salah satu aturan jika itu wiil meningkatkan efektivitas item. Aturan-aturan ini untuk membangun pilihan ganda item dinyatakan sebaliknya dogmatis sebagai bantuan untuk pemula. Sebagai pengalaman dalam item menulis diperoleh, situasi mungkin terjadi mana mengabaikan atau memodifikasi aturan mungkin diinginkan. LN item pemecahan yang, misalnya, mungkin berguna untuk menyertakan informasi yang asing di batang untuk melihat jika siswa dapat memilih apa yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Sampai cukup pengalaman dalam menulis item diperoleh, namun, mengikuti aturan dalam bab ini akan menghasilkan item tes kualitas yang cukup baik. Lihat 6.2 kotak untuk daftar ringkasan.

Ringkasan poin

1. soal pilihan ganda adalah jenis soal paling dihargai dan berguna.
2. Soal pilihan ganda terdiri dari satu pokok soal dan serangkaian jawaban alternatif.
3. Soal pilihan ganda dirancang untuk mengukur berbagai hasil pembelajaran yang diinginkan, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.
4. Hasil yang dirancang untuk mengukur prestasi tingkat pengetahuan harus berisi hal-hal yang baru.
5. soal pilihan ganda harus menyajikan satu pokok permasalahan dengan jelas yang berkaitan dengan tujuan belajar.
6. Jawabannya dimaksudkan harus benar dan terbaik, seperti yang disepakati oleh pihak berwenang.
7. Pengecoh harus masuk akal untuk menuntun siswa yang tidak mengetahui jawaban yang benar.
8. soal harus ditulis dalam bahasa sederhana, jelas dan bebas dari kata-kata yang tak bermanfaat.
9. Soal harus bebas dari sumber yang tidak relevan kesulitannya (ambiguitas) yang mencegah siswa menjawab dengan benar.
10. Soal harus bebas dari petunjuk yang tidak relevan kesulitan (misalnya, ambiguitas) yang memungkinkan siswa kurang memahami untuk menjawab dengan benar.
11. format soal harus efisien dan mengikuti aturan-aturan normal tata bahasa.
12. aturan penulisan soal untuk membuat bentuk pilihan ganda yang efektif , tapi pengalaman dalam menulis soal dapat memodifikasi soal sesuai dengan situasi tertentu


0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About