Friday, July 1, 2016

PENGARUH CORAK DEMOKRASI TERHADAP SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 01, 2016 | No comments

Indonesia telah berada pada era reformasi. Banyak perubahan yang terjadi sejak masa demokrasi konstitusional yang  cenderung terpengaruh demokrasi liberal hingga masa demokrasi Pancasila di era reformasi seperti saat ini. Demokrasi telah membawa pengaruh terhadap sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia. Pada awal kemerdekaan hingga tahun 1959 berlaku sistem parlementer. Sistem parlementer gagal diterapkan di Indonesia karena tidak dapat menciptakan stabilitas nasional. Setelah itu, berlaku kembali masa demokrasi Pancasila. Tetapi dalam pelaksanaannya,presiden menjadi dominan dalam sistem pemerintahan sehingga terciptalah sistem demokrasi terpimpin. Kegagalan sistem demokrasi terpimpin membawa implikasi bagi diterapkannya demokrasi Pancasila di Indonesia.

Pelaksanaan demokrasi Pancasila pada era orde baru ternyata tidak luput dari berbagai penyimpangan. Kemajuan pembangunan di bidang ekonomi telah menyeret para pejabat ke jurang korupsi,kolusi,dan nepotisme. Terjadinya krisis moneter juga menjadi faktor pendorong bagi  munculnya pertentangan dari berbagai kelompok yang menginginkan adanya reformasi. Gerkaan reformasi dipelopori oleh para pemuda dan mahasiswa pada bulan Mei 1998. Dengan dimulainya era reformasi, terjadi beberapa perubahan yang signifikan pada sistem pemerintahan di Indonesia.

Corak demokrasi telah membawa pengaruh terhadap sistem pemerintahan di suatu negara. Pengetahuan tentang hakikat demokrasi  yang berlaku pada sistem pemerintahan di Indonesia diperlukan bagi setiap warga negara untuk meningkatkan perannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah sistem pemerintahan harus mendapatkan dukungan dari rakyat agar dapat melaksanakan penyelenggaraan negara dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu,  setiap warga negara diharapkan dapat menciptakan  suasana yang demokratis bagi kelangsungan sistem pemerintahan di Indonesia.

download tugas makalah selengkapnya dalam bentuk microsoft word disini

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About