Saturday, July 2, 2016

EMPAT PILAR KEBANGSAAN SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL INDONESIA

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 02, 2016 | No comments
BAB I
PENDAHULUAN



A.      Latar Belakang

Sebelum kita prihatin dengan adanya disintegrasi bangsa yang mulai berkembang di masyarakat. Dengan semakin mudahnya masyarakat memperoleh informasi dan juga mudahnya mengakses informasi, membuat masyarakat juga semakin tahu suatu peristiwa yang terjadi di wilayah lain, di belahan dunia atau yang sering kita sebut dengan globalisasi. Pengaruh budaya asing yang berkembang mempengaruhi setiap sendi yang ada di masyarakat membuat para generasi muda mulai melupakan jati diri sebagai bangsa yang mempunyai banyak ragam budaya dan suku bangsa yang mempengaruhi adat istiadat sebagai orang timur. Dalam hal ini adalah nilai – nilai yang terkandung dalam perilaku dan norma – norma yang berlaku di masyarakat.
download makalah selengkapnya dalam bentuk microsoft word disini

Berkembangnya informasi juga mampu mengubah perlaku yang berkembang di masyarakat, adanya peristiwa – peristiwa negative, misalnya perkelahian antar pelajar, minuman keras yang makin mudah didapat, jaringan narkoba serta mudahnya barang terlarang di dapat dan juga perilaku para aparat pemerintahan yang semakin korup, membuat bangsa ini semakin jatuh ke dalam bentuk ideologi baru yaitu konsumeranisme, individualistis dan sifat bahwa yang kuat yang akan menang.
Dengan menanamkan sifat kebangsaan dan bela Negara yang ada dalam empat pilar sebagai identitas bangsa dapat membuat para generasi penerus ini memahami dan mencintai bangsa Indonesia. Penanaman karakter yang sesuai dengan adat ketimuran tentunya dapat menyaring budaya yang sesuai dan budaya yang kurang dan dapat menghambat pembangunan, disintegrasi bangsa, dan dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab martabat suatu bangsa dalam pergaulan internasional ini bisa dilihat dari penduduknya, yang dapat memperkenalkan dirinya sebagai suatu identitas bangsanya sendiri di dalam pergaulan dan komunikasi dunia.

B.       Rumusan Masalah
Kajian utama dalam penyusunan makalah ini adalah penjelasan mengenai Empat Pilar bangsa dapat menunjukkan identitas bangsa. Kajian ini dapat dirumuskan menjadi beberapa rumusan masalah yaitu:
1)      Apa yang di maksud Empat Pilar Kebangsaan ?
2)      Apa hubungannya antara Empat Pilar dengan Identitas Nasional Indonesia?
3)      Apakah Implementasi Empat Pilar Kebangsaan sudah menjadi Identitas Nasional Indonesia?

C.      Tujuan Masalah
Untuk mengkaji makalah ini ada beberapa tujuan yang akan dicapai, yaitu:
1)      Memahami tentang Empat Pilar Kebangsaan dan Identitas Nasional
2)      Mengetahui Korelasi antara Empat Pilar Kebangsaan dan Identitas Nasional

3)      Menanamkan Nilai – nilai Kebangsaan dengan Empat Pilar Kebangsaan sebagai Identitas Nasional.

download makalah selengkapnya dalam bentuk microsoft word disini

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About