Thursday, July 7, 2016

EKSPERIENTIAL LEARNING (PENGALAMAN BELAJAR)

Posted by Sampai Mati Harus Belajar On July 07, 2016 | No comments
PENGALAMAN BELAJAR



Meskipun dalam setiap bab sebelumnya kita telah meneliti ide-ide sentral tentang belajar, kita belum memberikan banyak perhatian pada pengalaman pelajar.
Pegalaman kita dibangun oleh ilmu sosial dan ilmu pengetahuan. Salah satu kekuatan utama dari pendekatan ini untuk mengajar dan belajar bukanlah pengalaman dari segi badan melainkan keseluruhan seperti kognitif, fisik, emosional, dan spirtual yaitu pengetahuan individu, keterampilan sikap, nilai-nilai, keyakinan, emosi dan indera.

Sementara tetap mempertahankan istilah 'pengalaman belajar', kita akan fokus pada pengalaman yang disengaja dalam bagian pertama dari bab ini, dan apa hal ini dapat menjadi kebiasaan baru, sebagaimana wawasan asli ke dalam  pemahaman bagaimana orang dewasa belajar. Pada bagian kedua kita akan fokus pada pengalaman belajar, di ketiga kita akan merenungkan sifat pengalaman belajar dan, akhirnya, arahkan ke sebuah pengalaman definisi belajar itu sendiri.
KONSEP PENGALAMAN
      Pengalaman primer : pengalaman secara keseluruhan yang di alami oleh indera dalam konteks aspek sosial dimana pengalaman itu terjadi.
      Pengalaman sekunder : ini adalah pengalaman yang hanya sedikit atau tidak ada hubungannya dengan konteks sosial dimana pengalaman itu terjadi contohnya presentasi.
      Pengalaman aktual : ini adalah pengalaman yang terjadi pada saat ini.
      Ingatan Pengalaman : ini adalah proses mengingat kenangan pengalaman nyata sebelumnya
      Pengalaman buatan : bentuk yang diciptakan dari pengalaman,menyoroti beberapa aspek dari pengalaman nyata atau aktual lainnya.




SIFAT PENGALAMAN
Adakalanya kita dapat menerima gagasan tentang pengalaman,jelas bahwa ada dunia di luar sana dan selama kita sadar tentang kehidupan kita dapat menangkap pengalaman dengan beberapa cara. Pengalaman dianggap sebagai sesuatu yang biasa sehingga terdapat beberapa istilah yang berbeda.
Adapun sifat pengalaman antara lain :
      Pengalaman adalah dasar dan stimulus untuk belajar.
      Peserta didik secara aktif membangun pengalaman mereka sendiri.
      Belajar adalah holistik
      Belajar secara sosial dan kultural
      Belajar dipengaruhi oleh konteks sosial ekonomi dimana itu terjadi.
PENGALAMAN BELAJAR DAPAT DIKLASIFIKASIKAN KE DALAM EMPAT KATEGORI
1.      Sebelum pengalaman belajar
2.      Perubahan dalam pendidikan pasca sekolah dan pelatihan
3.      Pengalaman belajar dan perubahan sosial
4.      Pertumbuhan pribadi dan pengembangan

1.      SEBELUM PENGALAMAN BELAJAR
      Praduga adalah respon khas pengalaman sehari-hari
      Beberapa orang mungkin memiliki pengalaman tapi menolak kemungkinan bahwa mereka bisa belajar dari itu.
2.      PERUBAHAN DALAM PENDIDIKAN PASKA SEKOLAH DAN PENDIDIKAN
      Pembelajaran berpusat pada siswa
      Siswa belajar pengalaman daripengalaman primer serta dari yang sekunder.
      pembelajaran proses menciptakan dan mengubah pengalaman menjadi pengetahuan , keterampilan, sikap ,nilai-nilai , emosi , keyakinan , dan indra

3.      PENGALAMAN BELAJAR DAN PERUBAHAN SOSIAL
Kita harus mengakui bahwa banyak pengetahuan kita tentang dunia tidak dapat diperoleh dari pengalaman primer ataupun  sekunder, dunia telah menjadi tempat yang lebih kecil dimana kita dapat mengetahui segala perubahannya dan pengalaman tak langsung juga akan mempengaruhi perubahan sosial yang mempengaruhi pengalaman belajar kita.

4.      PERTUMBUHAN PRIBADI DAN PENGALAMAN
Hasil dari pengalaman akan mengembangkan teori kita sendiri sehingga terjadi pertumbuhan pribadi dan pengembangan berdasarkan pengalaman yang kita alami.
KESIMPULAN
Setiap pengalaman tentu saja dalam arti nyata meskipun mungkin tidak langsung. Miller dan Boud (1996:8) mendefinisikan pengalaman sebagai totalitas cara manusia merasakan dunia dan memahaminya.
Kesimpulan bab ini tentang pengalaman belajar adalah :
·        Pengalaman adalah dasar dan stimulus untuk belajar.
·        Peserta didik secara aktif membangun pengalaman mereka sendiri.
·        Belajar adalah holistik
·        Belajar secara sosial dan kultural
·        Belajar dipengaruhi oleh konteks sosial ekonomi dimana itu terjadi.

Pengalaman belajar tidak sama dengan konten materi pembelajaran atau kegiatan yang dilakukan oleh guru. Istilah pengalaman belajar mengacu kepada interaksi antara pembelajar dengan kondisi eksternal di lingkungan yang ia reaksi. Belajar melalui perilaku aktif siswa; yaitu apa yang ia lakukan saat ia belajar, bukan apa yang dilakukan oleh guru.

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

×

About